Minggu, 08 Mei 2011

Another Rambling from a Girl's Heart : Another Speech Contest!

Well, ada yang memberi pendapat bahwa blog-ku kali ini terlalu menjurus ke arah jejepangan, kurang random, karenanya postingan kali ini akan berupa curhat seorang cewek biasa *geplaked*

Oke, mulai darimana tapi ya?
Ah, pengalaman hari ini saja yah.

Hari ini, aku ikut Lomba Pidato Bahasa Jepang lagi~~! ^^ Kali ini, lomba pidato bahasa Jepang yang diadakan Konjen Jepang Jawa Timur. Berhubung sekarang aku kuliah di ITS, aku ikuti saja lomba ini, hitung-hitung tambah pengalaman :)

Perjuangan dalam menghadapi lomba ini... dimulai dari pembuatan naskah yang diberitahu secara tiba-tiba. Pembuatan naskah hanya kurang dari seminggu! Disini, aku sampai merepotkan sahabatku sejak SMA via YM sampai dini hari... =_= Tapi berkat dia, naskah pidatoku jadi runut dan gak terkesan janggal. 

Selanjutnya, menghapalkan pidato. Disinilah letak kelalaian sayaaaaaaaa!!!
Metode latihan seperti waktu dulu lomba di SMA tak kulakukan!
Kalau dulu, setiap hari, setiap hari, 2 minggu sebelum hari-H, minimal 1 jam berlatih di depan guru! Sekarang? Aww, siaaal. Waktunya tak ada.
Kesibukan praktikum tugas dan sebagainya membuat naskah itu tergeletak begitu saja selama beberapa hari di dalam tas, tanpa sempat kuhapal.

Dan hasilnya... ya, begitulah. Hehehe.

Perjuangan selanjutnya, mencari lokasinya!
Karena sensei-ku gak bisa ikut mengantar, terpaksa aku harus berangkat ke lokasi sendiri. Untung saja aku diantarkan si doi, kalau nggak entah gimana caranya aku bisa ke lokasi... Tempat diadakannya lomba adalah di UNESA, di daerah Surabaya Barat yang sangat sangat tidak familiar bagiku. Selama tinggal di Surabaya, termasuk tadi pagi adalah kedua kalinya aku masuk daerah sana. 
Dan setelah sempat memutar karena salah jalur, sampailah juga di fakultas seni dan budaya Unesa. Lomba pun dimulai~~~

Perlombaan seperti biasa, nihongo speech contest dengan 14 orang peserta dari wilayah Jawa Timur di kategori mahasiswa/umum. Kata Konjen-nya, selama 32 kali lomba pidato bahasa Jepang oleh Konjen, baru kali ini seluruh 14 peserta adalah PEREMPUAN! XD

Kemana para laki-laki ya? LOL.

Perasaan setiap sebelum lomba, debar-debar tak karuan, tentu saja. Meskipun aku tahu kali ini mungkin bukan kesempatanku untuk jadi pemenang, tapi tetap saja hati ini sebelum tampil PASTI gugup. Perasaan yang sungguh tak mengenakkan. :(

Tapi setelah tampil, perasaan gugup itu pun dengan cepat tergantikan dengan... kantuk! Hahaha. Iya, mungkin karena kurang istirahat, saat itu terasa mengantuk dan suntuk sekaliii...

Setelah menunggu lama, kurang lebih pukul 12.30 WIB adalah pengumuman dan penutupan lomba. Aku pikir, lomba kali ini hanya akan pulang membawa piagam, tapi ternyata setiap peserta dapat suvenir dari Konjen. Lumayaaaan... XD


Isinya pun lumayan banyak. Notes, kipas tangan, kertas origami, tas kecil, majalah-brosur dari konjen, dan 3 buah clear folder Doraemon (clear folder yang sama dengan yang dulu kudapat saat lomba pidato bahasa Jepang di SMA XD ). 

 

Meskipun sedikit iri juga kepada para pemenangnya, yang membawa piala yang berat itu... dan suvenir tambahannya, tentu saja. :P Bungkusannya besar, bikin penasaran. Hari ini merupakan satu lagi pengalaman berarti bagiku. Setelah dihitung, aku sudah mengikuti kurang lebih 6 kali perlombaan dalam bidang bahasa Jepang. 

Yang orang-orang banyak heran, sejak SMA aku bukanlah jurusan bahasa. Aku dari masuk kelas IPA, dan sekarang pun melanjutkan di Teknik Elektro. Tak pernah mengikuti pendidikan bahasa Jepang yang resmi kecuali saat SMA kelas 1, satu tahun dengan pelajaran yang semuanya sudah kumengerti duluan :P Aneh, ya? Hehehe.

Yah, meskipun kali ini belum bisa dapat juara (lagi), masih ada kesempatan berikutnya! Mungkin bulan depan, ya, di PIMNAS...
Apapun nanti tantangannya, diriku harus tetap semangat~~~!!!

 
*end note*
Eh? Postingan kali ini pun tetap jejepangan? Waduh. =_=

1 komentar:

  1. hem ... tetap saja masih berbau Jepang :)
    berbeda dengan diriku yang suka Jepang gara2 terimbas teman SMA dulu :D

    BalasHapus